Sunday 4 September 2016

Strategi War Menggunakan HOGOWIPE Pada Clash of Clans

Strategi War Menggunakan HOGOWIPE Pada Clash of Clans | Hallo sobat clasher, perjumpaan kita kali ini adalah untuk membahas sedikit tentang Cara Menggunakan HOGOWIPE dalam war coc. Hogowipe sebenarnya adalah singkatan dari Hog - Golem - Wizard - Pekka. Sebenarnya nama hogowipe mungkin masih jarang sobat dengar, karena memang penggunaan kombinasi trops ini masih cukup jarang dilakukan. Kebanyakan clasher yang menggunakan kombinasi hog dan gowipe akan mengghilangkan pekka dari daftar trops mereka. Karena dianggap peran pekka sudah tergantikan oleh hog yang katanya memiliki penyerangan yang relatif cepat sehingga keberadaan pekka bisa ditiadakan. Namun untuk mencoba kombinasi HOGOWIPE saya rasa cukup menjanjikan hasil yang baik.

(Baca Juga : Tips Agar DIikutkan War )

Mengapa Menggunakan HOGOWIPE ? mungkin ini adalah salah satu pertanyaan para clasher ketika mendengar nama kombinasi trops ini. Mengapa harus menggunakan pekka, sedangkan yang umumnya kita dapati adalah kombinasi HOGOWI saja dan tanpa ada pekka lagi. Nah.. kalau menurut admin hal ini sesuai selera saja atau bagaimana keahlian sobat dalam mengombinasikan trops ini. Kalau berdasarkan pengalaman admin dalam menggunakan kombinasi trops hogowipe keberadaan pekka cukup membantu mulusnya perjalanan hog dalam menerjang base lawan ^_^. Ilustrasinya ketika pekka menjadi incaran defense, maka salah satu kesempatan bagi hog untuk dilepas dari arah tersebut.

(Baca Juga : Cara Menggunakan Gowipe)

Apa keunggulan menggunakan trops hogowipe ? jika ingin melihat kualitas serangnya memang sangat brilian dengan hasil yang relatif sangat memuaskan bagi yang bisa menggunakannya dengan baik. Salah keunggulan lainnya adalah kita bisa lebih hemat dark elixir. kenapa ? admin berkata demikian adalah jika diliat dari rasio trops-nya. Keberadaan pekka menggantikan sebagian hog yang mana menggunakan DE. Jadi jumlah De yang digunakan tidak terlalu besar.

Lalu kira-kira apa kekurangan trops hogowipe ? Kalau berbicara soal kekurangannya memang cukup banyak. Untuk menggunakan hogowipe benar-benar harus membutuhkan perhitungan yang sanga matang. Sobat harus pandai dalam memperkirakan dimana letak giant bomb, skeletons traps, dan traps. Nah dalam hal ini sekali lagi sangat membutuhkan keahlian dan tentu pengalaman sobat dalam bermain. Penggunaan dengan cara sal-asalan bisa berakibat kegagalan yang sangat fatal.

Lalu Bagaimana cara menggunakan HOGOWIPE dengan baik dan benar ? Untuk menggunakan hogowipe sobat harus melihat kondisi base lawan, kalau agak rapat nah boleh tuh pakai hogowipe. Disini kita coba hendari double GB. Nah kalau sobat menanyakan hal ini, sekali lagi admin yang baik hati ini akan bercerita panjang lebar untuk menguraikannya. Oke simak vroh....

Hal pertama yang perlu sobat perhatikan adalah trops yang akan digunakan. Biasanya HOGOWI terdiri atas :
2 Golem + 6 WB
2 Pekka
BarbaKing (Wajib) dan Archer Queen (kalau punya)
19 Wizard + 2 archer
Hog diisikan pada CC War (Hog inti dan pelengkap, hog yang dipake hog maks kalau bisa)
Spell heal 3 + poison 2 (untuk bunuh cc satu dan satunya lagi buat bunuh sekeleton traps)
Atau kalau sobat masih ragu atau tergantung sesuai selera bisa juga dengan menambah 4 hog, sehingga jumlah wizard harus dikurangi. Hingga sekitar 14 atau 15 buah. Kombinasi ini yang admin gunakan, sobat bisa gunakan atau bisa ganti sedikit. Lanjut ke cara menggunakannya...
Hampir sama dengan Gowipe dan Hogowi, tapi cara ini relatif sulit. Tapi penuh sensasi.

1. Buka WarMap >> Pilih lawan yang mau di Attack >> Scout dulu. Hal pertama adalah perhatikan dulu kondisi base lawan. Jika agak rapat maka sangat tepat menggunakan hogowipe.
Selanjutnya sobat tentukan dimana akan mulai menurunkan trops dan dimana letak hog akan ditutunkan. Sobat harus teliti. Coba perhatikan posisi Wizard tower lawan. Jika didekatnya ada sedikit celah kosong bisa saja itu GB atau bisa double GB, ini poin yang harus sobat perhatikan. Usahakan untuk hindari posisi ini saat menurunkan hog.


2. Jika dirasa sudah pas klik attack. Turunkan 2 golem di dua titik yang berdekatan. Ini untuk menghindari double hit dari cc war lawan seperti wizard dan ballon. Jika golem sudah turun segera turunkan beberapa wizard didekat golem, ini untuk menghancurkan bangunan disekitar titik penyerangan agar penyerangan bisa lebih rapi dan teratur.

3. Kira-kira setelah seluruh defense lawan mengincar golem, turunkan wall breaker. Wall breaker ini bertujuan untuk membuka jalan bagi golem untuk masuk kedalam base pertahanan lawan. Segera pula turunkan wizard dibelakang golem, tapi ingat untuk menyisahkan sedikit atau sekitar 6-7 buah.

4. Setelah Golem masuk segera turunkan BarbaKing tepat untuk mengikuti golem dari belakang, kemudian turunkan spell heal jika perlu. Heal untuk antisipasi wizard yang terkena serangan.

5. Selanjutnya turunkan Pekka di kedua sisi base atau disebelah kiri dan kanan arah penyerangan. Jangan lupa untuk menurunkan dua wizard di belakang masing-masing pekka. Pekka dan wizard ini nantinya akan menyapu rata bangunan yang ada diluar base lawan. Posisi ini tentu akan semakin membagi perhatian defense lawan. Ditengah ada Golem dan barking dan dipinggir ada pekka.
N.B : Pekka, Golem dan Barking punya hitpoint yang banyak sehingga sobat tidak perlu khawatir.

6. Setelah kira-kira hampir defense lawan peralihkan oleh golem, pekka maupun barking maka saatnya menurunkan hog yang kita bawa tadi. Turunkan hog dibagian base lawan yang masih banyak terdapat defense yang belum hancur, tapi sekali lagi harus memperhatikan posisi wizard tower dan posisi kira-kira dari giant bomb.


7. Jika Hog sukses diturunkan maka si hog nantinya akan langsung mengincar defense lawan yang masih tersisa. Tapi belum sampai disitu saja sob, bisa saja hog memicu bomb, skeleton traps dan giantd bomb oleh sebab itu jangan lupa menurunkan spell. Sebagai tips kalau mau menurunkan spell buat hog usahakan spellnya diturunkan pas kearah pergerakan hog biar spell lebih efisien dan tahan lama. Spell-nya juga jangan diturunkan terlalu cepat atau lamabat. Harus dengan timing yang tepat, kira-kira jika salah satu hog tinggal setengah nyawanya. Tapi akan lebih baik diturunkan pas si hog terkena serangan defense lawan. Liat contoh pada gambar :


8. Langkah selanjutnya adalah perhatikan setiap pergerakan dan keadaan trops terutama yang ditengah. Tadi kita masih menyisahkan 6-7 wizard, jika wizard yang mengikuti golem kurang turunkan lagi beberapa misalnya dua atau 3. Sisanya sobat tinggal menurunkan spell heal yang tersisa bagi trops yang lagi sekarat.

9. Biasanya si pekka akan mati duluan dan masih ada bangunan disisi base yang belum hancur. Ini adalah tugas wizard yang masih kita sisahkan tadi. Lihat disudut tampilan war. Biasanya ada builder hut. nah jika ada hancurkan dengan archer yang dibawah tadi. Harcurkan yang bagian kiri dan kanan dulu karena arah penyerangan biasanya semakin bergerak ke depan dan menyisahkan bangunan dibelakangnya.

10. Sobat tinggal berdoa dan berharap semoga semuanya berjalan lancar. Semoga tidak terkena kesialan seperti Hog kena traps, hog kena GB padahal sudah hampir menang. Jangan lupa wizard yang tersisa digunakan saja untuk menyapu sisa bangunan yang belum hancur.

Oke sobat diatas adalah ilustrasi dari Cara Menggunakan HOGOWIPE. Perlu sobat ketahui bahwa tipe penyerangan hogowipe berlangsung cepat jadi usahakan untuk merilekskan dan menenangkan diri agar tidak terjadi kesalahan.
Biasanya diawal pengalaman menggunakan trops ini masih banyak kesealahan, tapi jika sudah terbiasa maka akan tersa sanga menarik dan adrenalin dalam menggunakan hogowipe ini.

Cara ini sangat efektif jika untuk pengguna th8. Kalau untuk th9 bisa juga tapi hognya mesti naik level lagi biar tidak cepat ko.

Sedikit tambahan berdasarkan pengalaman admin cara hogowipe ini memang tergolong ribet dan cukup sulit karena harus menggunakan timing yang pas. Inti dari keberhasilan hogowipe etrgantung saat menurunkan hog da keberadaan pekka. Kalau admin lebih sering menganggap pekka cukup penting sebagai penyapu bangunan diluar base dan sekalian pengalih perhatian sementara untuk hog bisa menyusup dan menyerang defense lawan. Namun sekali lagi perhatikan posisi Wizard tower. Jika ada ruang kosong di dekatnya maka kemungkinan itu GB atau bisa lebih parah, double GB. Sebaiknya hindari hal ini. Selain itu Incar posisi si barking dan AQ. Usahakan sebelum menurunkan hog, perhatian barking dan AQ sudah teralihkan kepada GOLEM, PEKKA atau Barking kita. Karena kegagalan hog mennghancurkan defense lawan biasa disebabkan oleh sibarking ini.
Jika hog memicu skeleton traps, gunakan sisa spell poison untuk membunuh skeleten traps tadi. Karena perlahan namun pasti sekeltons traps hanya akan mempercepat kematian hog dan misi bisa gagal. so harus lebih hati-hati. untuk sisanya tinggal keberuntungan sobat...
Strategi War Menggunakan HOGOWIPE Pada Clash of Clans

~Sekian~

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon