Wednesday 14 September 2016

Kombinasi Troops yang Tepat Untuk Mengisi CC War Base

Kombinasi Troops yang Tepat Untuk Mengisi CC War | Dalam War COC menciptakan keseimbangan antara penyerangan dan pertahanan adalah hal yang sangat penting. Untuk itu setiap pemain akan melakukan sebisa mungkin untuk mempersiapkan strategi yang paling tepat diterapkan dalam war. Nah sesuai dengan judul postingan kali ini admin akan menekankan pada pembahasan tentang strategi pertahanan yang tepat.

Kombinasi Troops yang Tepat Untuk Mengisi CC War Base

Salah satu unsur penting pada pertahanan dalam sebuah war adalah isi CC war. Keberadaan cc war bisa merepotkan bagi calon penyerang. Sehingga Mengisi cc war dengan troops yang tepat bisa menunjang kekuatan defense terhadap serangan lawan. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan isi cc war dengan troops yang tepat.

Keberadaan clan castle pada base pertahanan dapat disamakan dengan pos pertahanan. Dimana pasukan yang ditempatkan didalam clan castle akan merespon dengan bergerak cepat kearah troops lawan untuk menghalau troop lawan. Nah seperti kata saya tadi isi cc war yang tepat tentu akan merepotkan lawan.

Apa Troops yang tepat digunakan untuk mengisi CC war ?
Memahami pertanyaan diatas, sebenarnya memilih troops yang tepat akan membantu dalam menghalau dan mengatasi pasukan lawan. Ada banyak macam troops yang bisa digunakan untuk mengisi CC war. Seperti naga yang umumnya digunakan. Namun taukah sobat bahwa perlu memperhatikan antara struktur base dengan isi cc war. Selain itu menganalisa profil lawan adalah hal yang penting pula untuk dilakukan.
Isi CC war juga mesti disesuaikan dengan level clan castle. lebih mudahnya sobat bisa baca uraian berikut :

Isi CC war Naga
Naga adalah isi cc war yang paling umum digunakan oleh para clasher. Hal ini dikarenakan naga dianggap punya damage yang bagus untuk mematikan pasukan lawan serta hitpoint yang lumayan untuk memperlambat atau mengalihkan serangan lawan. Sehingga tak heran jika naga sangat sering digunakan. 
Isi CC war Wizard
Wizard memiliki damage yang sangat bagus dengan tipe penyerangan area splash sehingga bisa mengenai target dalam jumlah banyak untuk sekali menyerang. Namun memiliki kekurangan pada hitpoint yang rendah.
Isi CC war Witch
Salah satu keunggulan witch adalah pasukan tengkoraknya yang akan terus bermunculan bila dihancurkan. Selain itu witch memiliki tipe serangan area splash dengan jangkauan medium serta serangan yang berlangsung cepat. Namun sperti halnya wizard, witch cenderung lemat terhadap defense lawan.
Isi CC war Valkyrie
Setelah update terbaru oleh supercell menjadikan valkyrie tampil lebih agresif. Valkyrie sangat cocok untuk menangkal serangan darat. Dengan tipe damage area splash dan damage yang lumayan menjadikannya sangat jemawa dalam menguji ketangguhan troops lawan.
Isi CC war archer
Archer adalah troops yang paling umum digunakan. Dengan pergerakan lincah dan mempunyai jangkauan serangan yang bagus menjadikannya pilihan baik dalam melengkapi cc war.
Isi CC war Hog
Menggunakan hog sebagai pasukan penjaga menurut beberapa orang adalah hal keliru. Namun tidak sepenuhnya demikian. Hog mempunya kecepan gerak yang lumayan dan dilengkapi damage yang bagus sehingga kadang merepotkan lawan.
Isi CC War Lava hound
Lava memang tidak memiliki damage yang kuat, tapi memiliki hitpoint yang sangat besar. Lava umumnya mengisi cc war th9. Dengan hitpoint yang sangat besar maka lava bisa mangalihkan perhatian dari troops lawan sehingga memberi waktu luang bagi defense untuk menyerang troops lawan.
Baby Dragon dan Bowler
Khusus kedua troops ini ternyata cukup baik untuk mengisis cc war. Baby dragon memang tidak sehebat naga tapi ia memiliki kecepatan yang lumayan sehingga terkadang merepotkan wizard.. ^_^. Tapi lain halnya dengan bowler. Batu raksasa yang digulingkannya bisa menembus barisan penyerangan lawan sehingga tidak hanya mengenai satu namun justru bahkan bisa mengenai lebih banyak lagi.


Contoh troops yang digunakan untuk mengisi CC war

Kombinasi troops apa yang tepat untuk mengisi cc war ?
Perlu diketahui bahwa kapasitas dari cc war berbeda ditiap levelnya. Pada cc war level 1 hanya memiliki kapasitas 10 troops, Clan castle level 2 berkapasitas 15 troops, Clan castle level 3 berjumlah 20, CC level 4 berkapasitas 25, level 5 dengan kapasitas 30 dst. Kapasitas yang terbatas sehingga menuntut kita untuk pandai dalam mengombinasikan troops yang tepat untuk mengisi cc war.
Ada banyak tipe kombinasi troops untuk mengisi cc war, namun yang terpenting adalah keseimbangan antara pertahanan darat dan udara yang dimiliki oleh tiap-tiap troops tersebut. Lalu apa saja contoh kombinasi troops yang tepat ? mari admin beritahu.. hehe

Untuk Clan castle level 1
Kapasitas yang sangat terbatas yakni 10 tentu membutuhkan perhitungan matang. Namun jumlah ini sebenarnya disesuaikan denga kebutuhan. Clan castle level 1 dimiliki oleh pemain th3 ke bawah. Rata-rata penyerangan menggunakan penyerangan darat itupun dengan jumlah trops yang sangat terbatas. Sebenarnya walau dengan jumlah terbatas terdapat beberapa kombinasi isi cc yang bisa digunakan. Seperti Valkyrie + 2 archer/minion yang mana mengutamakan pertahanan darat, valkyrie dengan ground target sedang ditambah 2 archer atau 1 minion dengan target darat dan udara. Juga dengan isi cc hog maks. Nah bagi yang masih th 3 kebawah isi cc hog tentu akan sangat merepotkan karena hog memiliki pergerakan yang cepat dan damage yang bagus. Terlebih lagi hog mudah terpencar ketika dikepung oleh archer maka keberadaan hog bisa menghabiskan cukup banyak troops lawan sebelum mampu menyentuh base. Lain halnya dengan ballon maks. Dengan damage yang bagus dan tipe area splash Ballon bisa menghancurkan troops lawan dalam sekejap saja terutama giant yang bergerak berkelompok. Namun kekurangannya adalah bergerak sangat lambat sehingga mudah dihancurkan. Tapi jika berhadapan dengan lawan yang boleh dikata masih pemula kadang mereka lupa memancing cc, oleh karena itu ballon dan valkyrie sangat ahli dalam hal ini.
Selain itu sobat bisa menggunakan wizard 2 dan 2 archer. Atau witch + 2 archer. Kombinasi ini sangat tepat karena seimbang antara pertahanan udara dan darat yang juga punya damage yang sangat bagus. Terlebih khusus buat witch yang susah dipancing keluar base karena cenderung mengeluarkan pasukan tengkorak dahulu.
Jadi menurut admin yang paling baik itu Valkyrie + 2 Archer, Wizard + 2 archer dan Witch + 2 Archer. Karena menurut admin punya damage yang bagus dan seimbang antara darat dan udara jadi terkadang merepotkan lawan.

Clan Castle level 2
Memiliki kapasitas 15. Troops yang biasa diisikan adalah Valkyrie + 1 Wizard + 3 Archer. Ini sangat efektif untuk musuh yang menggunakan penyerangan darat. Tapi jika ingin mengutamakan keseimbangan antara darat dan udara yah sobat bisa memilih 3 wizard maks + 3 archer. Kombinasi troops ini terbilang paling baik dan sering digunakan. Jadi mungkin lawan bisa mengantisipasinya dengan baik. Jadi sobat bisa juga menggunakan witch 1 + archer 3. Sebenarnya kombinasi ini cukup baik. Karena didukung oleh witch yang bisa mengeluarkan pasukan tengkorak dahulu. Tapi sayangnya dampak yang ditimbulkan masih kurang kuat dibandingkan kekuatan 3 wizard + 3 archer.

Clan castle level 3 th6 dan th7
Dengan kapasitas 20 troops maka sobat bisa mengisinya dengan naga sebagai modul pertahanan. Naga dipilih karena punya damage yang sudah mumpuni untuk menghancurkan lawan serta hitpoint yang cukup besar sehingga paling tidak sulit dibunuh. Naga bisa memberi dampak yang sangat kuat jika gagal diantisipasi lawan. Namun selain naga, wizard bisa sobat gunakan. Sobat membutuhkan 5 wizard untuk mengisi full cc war level 3.
Jika dilihat dari penyerangan lawan pada th6 sudah bisa menggunakan ballon. So pake wizard okelah.. pada th 7 menggunakan wizard sekira cukup efektif. Pada th 7 sobat bisa menggunakan naga. Sehingga istilah pancing cc akan dilupakan, nah menurut pengalaman admin kadangkala wizard ini menjadi momok penyebab matinya naga dengan cepat. Jadi Wizard sekira cukup baik. Tapi sama halnya dengan naga. Menurut pengalaman admin isi cc war naga mungkin paling efektif. Apalagi kalau yang maks. Paling tidak bisa mematikan beberapa naga lawan atau naga bisa pula sebagai pengalih perhatan sehingga formasi penyerangan kadang terpecah sehingga naga justru mengarah ke sisi base dan menjadi sasaran empuk air defense.

Clan castle level 4 untuk th8
Jumlah kapasitas cc level 4 adalah 25. Jumlah yang cukup banyak. Pada th 8 umumnya menggunakan Gowipe dengan tipe darat. Tapi kadang ada yang masih menggunakan naga. Nah khusus buat antisipasi gowipe karena Paling Sering Digunakan maka kita bisa pusatkan untuk menghancurkan golem dahulu. Adapun pilihan troops yang bisa digunakan adalah..

  • Valkyrie 2 + Wizard 2 + 1 Archer
    Valkyrie punya hitpoint yang tidak terlalu besar tapi lumayanlah dan dilengkapi dengan damage yang bagus serta semakin dilengkapi dengan pergerakan yang cepat menjadikannya sangat jemawa dirana pertahanan darat. Seperti pengalaman admin, golem bisa dihancurkan dengan mudah walau hanya dengan 2 valkyrie yang backup oleh 2 wizard dan archer. Hasilnya golem yang tidak dilindungi oleh wizard akan hancur dengan sangat mudah.
  • 5 Wizard + 1 Archer
    Karena punya damage yang super maka wizard adalah pilihan cc war yang cukup bagus. Namun karena lawan cenderung memiliki spell poison menjadikan wizard menjadi kurang efisien lagi. Tapi kalau soal damage kuat maka pilihan tepat adalah wizard.
  • Naga + Ballon/Wizard archer
    Ini yang paling umum digunakan. Naga cukup sulit dihancurkan karena mengudara dan punya nyawa yang banyak sehingga bisa sembari pengalih perhatian untuk ballon yang bergerak lebih lambat. Sehingga kadang ketika pasukan lawan fokus ke naga, maka ballon akan menghabisinya. Seperti golem yang ada dibarisan paling depan ini.



Clan castle level 5 untuk th  9
Apa Troops yang cocok untuk mengisi cc war th 9 ke atas ? Pada th 9 jumlah kapasitas troopsnya sudah mencapai 30. Sehingga pilihan yang digunakan sangat banyak. Adapun tipe penyerangan pada th 9 terbagi 3 versi.. Gowipe/Gowiwi/Gowiva - Lava Ballon - full naga. Tapi untuk saat ini yang paling sering digunakan adalah tipe darat. Untuk mengntisipasinya kita bisa memilih varian berikut :
  • Lavahound
    Lava punya hitpoint yang sangat gila. Karena saking besarnya maka butuh waktu yang cukup lama untuk menghabisinya. Tapi nyawa yang besar tidak diimbangi dengan damage yang sangat kecil. Namun keunggulan lava adalah nyawa yang besar sehingga menyulitkan lawan untuk menghancurkannya sehingga akan memberi waktu luang bagi defense untuk melumpuhkan beberapa troops lawan. Selain itu lava yang hancur akan terpecah menjadi mini lava yang justru punya damage yang lumayan dan bergerak cukup cepat. Sehingga lava akan merepotkan 2 kali bagi troops lawan
  • Witch 2 + 3 wizard + 2 archer
    Sulit dipancing keluar base sehingga witch bisa memberi sedikit perlawanan. Ditambah wizard dan archer maka kekuatannya semakin baik. Namun troops jenis ini lemah terhadap dampak spell poison.
  • 4 Bowler + archer
    Bowlers sangat unik karena bisa menggelindingkan batu untuk menyerang pasukan lawan hingga ke barisan belakang sekalipun. So walau golem jadi umpan tapi tetap saja wizard yang dibelakang bisa terkena.
  • Naga + 2 ballon
    Naga paling sering mengisi cc war base dari th6 ke atas. Damage naga sangat bagus apalagi jika menggunakan naga level maks. Troops ini makin mantap jika dikombinasikan dengan ballon yang punya damage besar. Umumnya kombinasi ini cukup efektif untuk menghalau gollem jika lawan menggunakan gowipe.
  • Naga Elektro
    Untuk update terbaru ini naga elektro merupakan troops yang bisa dibilang terkuat. Daya hancurnya sangat brutal karena sifat serangannya seperti listrik yang menjalar sehingga dengan kata lain sekali menyerang naga elektro bisa mengenai hingga 5 troops didekatnya. Ditambah lagi naga elektro punya damage yang menyakitkan dan diimbangi dengan hitpoin yang hampir 2 kali dari naga api. Sayangnya troop ini memiliki movement speed yang sangat lambat. 
Clan castle level 6 ke atas (level 6++)
Pada th besar kombinasi troops yang bisa digunakan menjadi sangat beragam. Pada th besar yang dihuni oleh th 10 ke atas komposisi troops untuk mengisi cc war base sebaiknya mengutamakan ketahanan troops itu sendiri. Maksudnya gunakan troops yang tidak gampang mati atau sulit untuk dibunuh. Pilihan troops yang sangat potensial adalah naga api kombinasi dengan ballon. Namun jika dalam satu clan sudah ada yang membukan naga elektro maka troops ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Kapasitas naga elektro adalah 30 space, sehingga masih bisa dikombinasikan dengan ballon. Tentu kemampuan kedua troops ini tidak perlu diragukan lagi karena masing-masing memiliki damage yang brutal. 

Untuk town hall level 10 admin belum bisa berbagi banyak karena admin masih paling jauh di th 9. Namun sekedar tips th 10 rata-rata punya pertahanan udara yang sangat kuat. Ditambah dengan inferno tower maka penyerangan Lava Ballon akan sangat tidak efektif lagi. Ditambah AD yang semakin menggila seakan-akan tidak memberi peluang bagi ballon dan naga untuk bertahan. Tapi sebaliknya pasukan bowler bisa diandalkan. Punya damage yang lumayan dan keahlian uniknya bisa mengahncurkan lawan yang menggunakan penyerangan darat.


Nah bagaimana sob... apa sudah paham ?
Pada dasarnya kombinasi apapun itu tidak menjamin 100% mampu mempertahankan base karena pada dasarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membunuh isi cc war. Namun poin penting yang harus diperhatikan adalah keberadaan CC war yang harus bisa memecah formasi penyerangan lawan, mampu memperlambat troops penyerang dan mengeliminasi troops lawan sebisa mungkin. Jadi maksud dengan adanya cc war bisa memberi sedikit perlawanan untuk mengurangi kekuatan pasukan lawan sebelum berhasil menyentuh base. Jadi sobat tidak perlu frustasi melihat cc war yang gampang dikalahkan karena memang mereka hanya untuk membantu saja dan bukan sebagai fungsi utama.

~Sekian~

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon