Monday 12 September 2016

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Trafik Pengunjung Blog Stabil

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Trafik Pengunjung Blog Stabil


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Trafik Pengunjung Blog Stabil | Menjaga trafik blog agar tetap stabil adalah hal yang sangat wajib dilakukan oleh setiap blogger. Tidak hanya menjaga agar tetap stabil tapi justru meningkatkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Tak heran banyak yang mengusahakan cara agar blog ramai pengunjung.

Sejatinya dengan meningkatnya trafik blog tentu mempunyai banyak keuntungan. Diantaranya dapat memperbaiki posisi blog dalah Google Pagerank dan pada Alexa rank. Jumlah pengunjung yang konstan bahkan terus meningkat adalah sebuah prestasi tersendiri bagi seorang bloggers.
Karena menjaga trafik blog agar terus meningkat sangat sulit dan perlu tindakan khusus. Sebenarnya meningkatkan trafik blog dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti sering membuat postingan, share artikel, blog walking, berkomentar di blog dofollow dan lain-lain. Akan tetapi pernahka sobat menanyakan cara menjaga trafik pengunjung agar tidak menurun ? mari kita simak uraian berikut ^_^

Beberapa Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Blog

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara-cara tersebut sangat bervariatif. Namun ada cara yang baik dan ada pula yang kurang baik. Namun keduanya tetap sama-sama meningkatkan jumlah pengunjung. Nah untuk itu admin akan membahas sedikit tentang cara sehat untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada blog...

1. Memperbanyak Postingan Blog

Semua tentu sudah tahu kalau jumlah postingan pada blog akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjungnya. Semakin banyak dan semakin sering kita membuat postingan maka akan meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan. Dibandingkan dengan blog yang cenderung pasif atau jarang update maka pengunjung akan lebih sedikit.

2. Membagikan Artikel Lewat Media Sosial

Selain dengan mengandalkan pengunjung yang datang dari google serch atau serch engine lainnya ada baiknya jika kita mencoba mendatangkan banyak pengunjung dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan membagikan blog ke media sosial. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperli lewat faceboot, twitter, IG dan lain-lain.

3. Ikut Berinteraksi Dalam Situs Tanya Jawab

Ada satu cara lain yang bisa dilakukan untuk membagikan alamat blog kepada orang lain. Yah lewat situs tanya jawab atau sebuah forum diskusi. Terutama bagi seorang pemula bergabung dengan forum diskusi adalah sebuah langkah yang baik. Dalam forum diskusi sobat bisa ikut menanyakan beberapa hal yang mungkin sobat belum pahami. Nah lewat kesempatan-kesempatan tertentu sobat bisa membagikan alamat blog sobat. Dan tentu saja akan ada orang lain yang mungkin tertarik untuk membukanya.

4. Blog Walking

Cara lain untuk memperkenalkan blog kepada pembaca adalah melalui blog walking. Cara ini dilakukan ketika sobat mengunjungi blog lainnya kemudian meninggalkan komentar tentang blog sobat. Namun tahukah sobat bahwa sebenarnya blog walking itu berbahaya !!( Baca : Bahaya Blog Walking) Tapi jangan cemas dulu sob.. cara yang admin bagikan ini termasuk cara yang legal. Cara legal yang admin maksud adalah dengan berkomentar pada blog dofollow. Berbeda dengan nofollow, meninggalkan alamat blog pada blog dofollow sama sekali bukan pelanggaran dan justru membantu meningkatkan trafik blog. Tapi ada cara lain untuk meninggalkan jejak blog kita di blog nofollow. Yakni dengan meninggalkan komentar berupa kata kunci yang terkait dengan blog sobat.

~ Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan trafik blog secara sehat atau legal. Jadi sobat tidak perlu khawatir akan dampaknya dikemudian hari karena sama sekali tidak merugikan. Namun masih ada satu pertanyaan yang masih sangat terkait dengan 4 poin diatas.

Bagaimana cara menjaga trafik pengunjung agar tidak menurun ?

Setelah melakukan 4 poin diatas sekiranya jumlah pengunjung akan meningkat. Namun bagaimana dengan sobat yang mungkin jarang update atau mempunyai banyak halangan sehingga jarang ada waktu untuk mengurusi blog.

Pastinya kita mendambakan trafik yang bagus. Cara agar blog ramai dapat dilakukan dengan beberapa tips. So simak artikel berikut untuk menjawab kecemasan sobat heheh ^_^

Membuat Artikel Menarik dan Berkualitas

Kontent menarik dan berkualitas sangat disukai oleh google. Blog yang berisikan artikel menarik dan berkualitas akan menempati posisi yang baik dihati om google sehingga hal ini menjadi salah satu kunci menjaga trafik pengunjung. Konten menarik seperti membahas sesuatu yang berbeda dari yang lainnya, dalam artian sebuah konten yang memiliki ciri spesifik yang sangat berbeda dan tidak terdapat pada blog lainnya.

Membuat Evergreen Content

Taukah sobat apa yang dimaksud evergreen content ? ataukah mungkin baru kali ini sobat mendengarnya.. evergreen content memiliki arti konten yang tetap relavan meskipun dibaca kapan pun. Maksudnya konten yang tidak pernah basi walaupun dibaca kapan saja. Lalu bagaimana dampaknya dengan trafik pengunjung blog ? seperti definisinya "konten yang tetap relavan walau dibaca kapan saja" jadi boleh dikata artikelnya tetap bisa digunakan dan tetap disukai oleh setiap orang... hehe admin juga pusing ngungkapinnya.. ^_^ tapi singkatnya seperti artikel yang tidak bisa membuat kita bosan membacanya.
konten seperti apa saja yang termasuk Evergreen Content ? Konten yang tidak pernah basi adalah seperti artikel Tutorial, artikel definisi dan lain-lain.

Jangan Suka Ganti Template

Jika sebelumnya kita membahas tentang artikel blog, kali ini tips terakhir adalah setia pada satu template. Kenapa ? jika sering ganti template maka dapat dipastikan pengunjung blog akan turun secara drastis. Yah tentu saja sob mengganti template berarti sobat harus memperbarui keyword pada blogger seperti pada meta tag. Oleh karena itu pilihlah template yang sobat inginkan dan lupakan kebiasaan menggonta ganti template.

Bagaimana Cara Membuat Blog Menarik Pengunjung ?

Blog yang seperti apa yang menurut sobat menarik ? apakah blog harus penuh warna warni agar menarik ?

Sayangnya kebanyakan template premium tidak begitu menyuguhkan warna-warni. Namun memberikan kesan tenang dan santai dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Begitulah template yang menaarik menurut saya.

Tapi agar menarik, blog tidak harus menghindari template berwarna agak mencolok. Blog yang menargetkan pengunjung kanak-kanak mungkin memberikan banyak kesan berwarna agar lebih hidup dan menarik.

Sebenarnya menarik bukan hanya pada template yang keren namun harus diimbangi oleh konten yang memadai. Artinya konten blog harus mampu menjawab pertanyaan dari pembaca.

Untuk itu googl adsense selalu menberikan syarat konten unik dan menarik. Konten unik dianggap memberikan informasi baru yang mungkin masih jarang dibahas oleh blog lainnya.

Agar pengunjung betah berlama-lama maka perhatikan konteks kalimat, apakah mudah bagi pembaca memahami ? jika tidak tentunya informasi yang ingin disampaikan sulit diserap oleh pembaca. Dampaknya adalah blog tidak mendapat kepercayaan, peluang memperoleh pengunjung tetap akan berkurang.

Selain itu pastikan pengunjung selalu mudah untuk mengakses konten pada blog. Terkadang antar konten atau postingan saling berkaitan, hal ini perlu diperhatikan lagi.


Nah oke sob itulah artikel yang bisa saya bagikan. Sekiranya artikel ini bisa bermanfaat. Jaka masih terdapat kesalahan mohon dimaklumi karena kita sama sama ingin belajar dan berbagi. Salam blogger ^_^
~Sekian~

Artikel Terkait

7 komentar

Konten makin bnyk kemungkinan pengunjung blog pun makin meningkat bener adanya bro ternyata yah.

iya gan, mnurut pngalman dan beberpa referensi gitu sih

Sangat bermanfaat mas, saya juga sering blogwalking. Dan hasilnya lumayan untuk menaikkan trafik blog

thanks untuk info nya bro

Terima kasih infonya bagus...


EmoticonEmoticon