Friday 2 June 2017

Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blog dan Blogger

Rajin memposting artikel setiap harinya adalah salah satu cara meningkatkan peringkat blog. Sebagai blogger yang paham cara menarik pembaca tentu tahu bahwa sering update adalah cara yang paling mujur untuk menarik pengunjung menuju blog. Tuntutan update postingan setiap hari pun menjadi pokok permasalahan yang terus mengerogoti pemikiran setiap blogger. Rutin update postingan memang bukan hal mudah. Terutama bagi yang baru mulai terjun ke dalam dunia blogger. Sehingga tuntutan ini seakan menjadi problem yang teramat sulit dilakukan.

Sebagai dampak dari ketidak mampuan diri seorang blogger untuk memenuhi kebutuhan update postingan setiap hari menjadikan sebagian besar blogger melakukan tindakan menyimpang. Sayangnya demi memperkaya blog dengan konten berkualitas sebagian orang memilih untuk melakukan copas artikel dari blog lain. Padahal copas artikel ini sama halnya dengan menyontek / mencuri / mengambil buah pikir orang lain untuk dijadikan milik sediri. Tentunya kita semua sadar bahwa tindakan ini kurang tepat.

Bahaya melakukan copas artikel diawal memang belum dirasakan. Justru copas artikel seakan memberi angin segar bagi kebuntuan blogger dalam membuat artikel. Sehingga kegiatan inipun terus mengakar dan menjadikan kebergantungan untuk terus melakukannya. Inilah dampak buruk dari copas dalam jangka panjang. Memang copas artikel sangat tidak dianjurkan, bagi saya pribadi sangat tidak menganjurkan blogger untuk melakukan copas karena selain merusak diri juga merusak blog dan orang lain.

Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blog dan Blogger



Tindakan copas artikel bukanlah hal yang patut dicontoh. Memang menyenangkan copas artikel karena kita tidak perlu susah payah berpikir, hanya dengan menyalin artikel dari suatu blog maka kita sudah memiliki konten berkualitas dari blog lain secara gratis dan cepat. Namun copas tidak sampai disitu saja, algoritma google dan kebijakan segenap mesin pencari cukup menentang tindakan copas. Sehingga dalam jangka panjang justru berakibat buruk bagi blog. Bahkan selain itu copas juga memiliki dampak buruk bagi sang blogger dan blog sendiri. Simak...

Dampak copas artikel bagi blog

Setiap tindakan negatif selalu berbuah hal yang tidak baik. Sama halnya dengan copas artikel yang sebenarnya sama sekali tidak memberikan manfaat lebih bagi blog. Memang dengan copas blog akan cepat terisi dengan konten berkualitas. Namun seperti kata saya sebelumnya kecanggihan teknologi telah mampu membaca tindakan copas. Menyesuaikan perkembangan zaman google juga terus berupaya meningkatkan kualitas pencarian dengan menampilkan situs blog yang memang benar memberikan informasi yang berkualitas bagi pembaca.

1. Penurunan Rangking Blog

Dampak yang paling fatal bagi blog copas adalah penurunan rangkin blog. Mungkin saja dulunya blog masih sempat muncul dihalaman 1-2 penelusuran, namun setelah copas dalam jangka panjang blog akan memperoleh citra buruk dari search engine seperti google. Bahkan saat ini demi mengedepankan kualitas google telah terus melakukan pembaruan algoritma yang semakin baik. Dengan demikian peluang bago blog hasil copas pun semakin kecil untuk bisa bersaing dalam kanca papan atas. Bahkan secara kualitas rangking blog akan terus merosot jika tidak mendapat perbaikan.

2. Mengecewakan Pembaca

Salah satu dampak fatal copas adalah sulitnya untuk memperoleh pengunjung yang loyal pada blog. Mengapa bisa demikian ? ketika pembaca mengklik 2 blog berbeda namun mendapati informasi yang sama persis tentu akan menimbulkan penilaian buruk pada blog tersebut. Entah yang mana yang benar sehingga membuat pembaca akan merasa bosan untuk berkunjung kembali pada blog karena merasa konten yang dibahas ternyata sudah dibahas di blog lain bahkan dengan pembahasan yang sama. Tentu citra buruk ini akan mempersulit blog mempperoleh pengunjung tetap.

3. Penalti !!

Langkah terakhir yang akan dilakukan oleh google pada blog yang tetap membelot adalah memberikan penalti !! Tentu tidak perlu dijelaskan panjang lebar anda pasti tau akibat dari penalti google.

Dampak Copas Artikel Bagi Blogger

Seperti kata saya sebelumnya bahwa selain membawa dampak negatif bagi blog, copas juga membawa dampak buruk bagi sang penulis / author blog.

1. Ketergantungan

Jika dalam dunia medis ketergantungan disebabkan oleh narkotika, maka dalam dunia blogger copas adalah narkotikanya. Kebiasaan menyalin akan terus mengakar dalam kehidupan blogger dan hasilnya berupa ketergantungan untuk terus melakukannya. Memang sih copas sangat menyenangkan, namun karena saking senangnya membuat blogger lupa diri dan mengalami ketergantungan.

2. Menghambat Kreatifitas

Kebiasaan menerima segala sesuatunya secara instan akan membuat blogger lupa betapa sulitnya cara yang ditempuh oleh pembuat untuk menghasilkan satu artikel berkualitas. Kebiasaan dengan perlakukan ini justru membuat daya pikir kurang terlatih. Sehingga mulai berdampak pada menghampat kreatifitas. Karena keseringan menyalin artikel maka saat menemukan ide baru pun akan membuat blogger tersebut sulit untuk mulai mengembangkan pola pikirnya sendiri.

3. Penilaian dari Sesama Blogger dan Pembaca

Contohnya setelah anda ketahuan sebagai blogger tukang copas maka kira - kira apa penilaian dari blogger lainnya serta dari pembaca. Menumbuhkan kepercayaan antar sesama blogger dan pengunjung adalah hal penting dalam dunia blogger dan Hal ini perlu untuk disadari. Blog tidak bisa berjalan sendiri, blog juga butuh partner yang bisa menunjang popularitasnya dan begitu pula dengan penulisnya yang juga butuh bantuan dari blogger lain untuk mendukungnya. Namun jika blog yang dimiliki hasil copas maka tentu saja akan sulit untuk memperoleh partner,
 "siapa sih yang mau bekerja sama dengan pencuri, bisa - bisa artikel sendiri di copas". Mungkin itulah tanggapan blogger lain.

Tips Menghindari Copas

Nah artikel yang saya buat ini bukan untuk menghakimi blogger lainnya, namun justru untuk menegur blogger yang masih betah copas. Namun terlepas dari copas mungkin anda bisa mencoba untuk memulai blogging dengan serius. Maksudnya adalah dengan memperjelas dahulu arah dan tujuan menulis blog. Lantas tentukan apakah motivasi saya menjadi blogger ? tentu semua orang memiliki motivasi melakukan sesuatu. Selanjutnya adalah memilih topik yang akan dibahas pada blog. Mulailah dengan topik yang paling dikuasai dan menurut anda paling dimninati agar tidak menyulitkan untuk rutin update-nya.

So mulailah dari awal blogger yang kreatif, cerdas dan inovatif. Hindarilah teknik penjiplak apapun itu karena hanya akan membuat ketergantungan dan justru utamakan apa adanya yang bisa anda hasilkan dari buah pikir sendiri. Sekecil apapun sebuah informasi namun jika disampaikan dengan baik akan lebih bermanfaat.   Salam blogger...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon