Saturday 3 June 2017

Cara Mengetahui Blog Yang Melakukan Copas Pada Artikel Blog Kita

Copas artikel merupakan salah satu cara yang masih saja dering dilakukan oleh para blogger. Padahal copas artikel dari blog lain sangat tidak baik dilakukan, disamping karena dampaknya terhadap blog namun juga akan berakibat pada diri sendiri. Sebelumnya saya sudah membahas tentang Dampak Menulis Artikel Copas. Memang benar jika copas digolongkan kedalam tindak kriminal... Mengapa ? copas itukan sama halnya dengan menjiplak artikel orang lain untuk dijadikan milik pribadi, lantas menjiplak ini tentu merupakan kejahatan.

Berbicara soal copas saat ini masih saja banyak yang memperdebatkannya. Yah ternyata masih ada saja blogger yang menghalalkan cari ini, dengan anggapan artikel tersebut masih bisa diedit sedikit lalu di posting ke blog.

Apakah menurut anda perilaku demikian baik dilakukan ? tentu jawabannya tidak. Mengapa ? silahkan simak artikel saya ini  Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blog dan Blogger.

Nah tadi itu pendapat yang pro copas. Bagi blogger yang tidak setuju dengan copas tentu memiliki alasan yang lebih logis mengapa tidak mengindahkan aktivitas copas artikel.

Kembali pada topik, terlepas dari perbedaan pendapat tersebut ternyata ada cara untuk mengetahui suatu blog yang telah melakukan copas artikel bagi blog kita. Cara ini cukup mudah dilakukan namun tetap mebutuhkan kejelian kita dalam menganalisa. oke langsung saja...

Cara Mengetaui Blog yang Melakukan Copas Artikel Blog


Cara 1 : Menelusuri Kembali Judul Artikel Sebagai Keyword pada Search Engine

Trik pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui blog yang copas artikel pada blog kita adalah dengan menggunakan judul artikel blog sebagai keyword. Maksudnya adalah dengan menelusuri kembali judul yang digunakan pada artikel.
Mengapa menggunakan judul artikel ? jawabannya karena kemungkinan blog yang mengkopi artikel blog kita juga akan menggunakan judul persis artikel yang disalinnya.

Adapun cara melakukannya sebagai berikut.
1# Pilih artikel yang dicurigai telah dikopi orang lain.
2# Lalu salin secara lengkap judul artikel tersebut.
3# Setelah itu masukkan kedalam mesin pencari dan telusuri judul tersebut sebagai keyword.

Jika memang benar ada blog yang menyalin artikel blog kita maka biasanya akan tampil blog copas tersebut dalam satu halaman dengan blog milik kita. Namun jika ternyata tidak ada yang muncul maka kemungkinan artikel kita masih aman-aman saja dari copas. hehe.. namun cara ini belum bisa pasti memberikan hasil yang tepat.

Cara 2 : Menyalin penggalan kalimat pada artikel.

Setiap anda membuat artikel pasti memiliki kata atau kalimat yang menjadi ciri khas yang identik dengan artikel yang dibuat, dan tentunya sesuai dengan tata bahasa kita sendiri.

Nah sebenarnya inilah kelemahan bagi blog tukang copas. Meskipun artikel kita telah diedit sedemikian rupa namun tetap saja ciri khas yang ditanamkan pada artikel tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Maka inilah yang menjadi celah untuk mengungkap si blog pencontek.

Cara melakukannya cukup mudah :
1# Buka artikel yang dicurigai telah di copas
2# Pilihlah sepenggalan kalimat dari artikel tersebut
3# Maukkan pada search engine sebagai keyword

Setelah ditelusuri maka biasanya akan memunculkan blog yang paling identik dengan kalimat yang ditelusuri tadi. Salah satunya pasti adalah blog kita. Nah jika ternyata ada yang menyalin artikel tersebut jelas akan muncul juga blog copas tersebut dibawah blog anda.

Namun sama seperti cara 1, cara yang ke-2 ini juga belum bisa dipastikan keakuratannya. Mengingat google sendiri cukup pandai dan mulai mengabaikan blog copas, jadi bisa saja blog yang mengkopi artikel anda tidak akan muncul bersamaan dengan blog anda.


Setelah mengetahu jika ternyata memang ada blog yang mengkopi artikel anda maka apa yang akan dilakukan ? bisa saja jika anda ingin melaporkan blog tersebut.

Caranya ? 
laporkan saja lewat DMCA. Untuk itu jangan lupa untuk mendaftar di DMCA. Dampak setelah dilaporkan oleh dmca adalah tentu penurunan reputasi blog dimata mesin pencari.

Namun bagi saya pribadi, saya mungkin tidak akan melaporkan blog tersebut. Toh saat ini mesin penelusur telah menjadi lebih pandai dalam menganalisa blog yang orisinil dengan blog yang suka copas. Dan hasilnya mesin pencari selalu mengutamakan yang original. Selain itu salah satu cara untuk menegur mereka yang doyan menyalin adalah dengan menegur lewat artikel yang anda buat. Cara ini jauh lebih baik bagi anda dan jauh lebih bermanfaat.
So.. happy blogging   -   Cara Mengetahui Blog Yang Melakukan Copas Pada Artikel Blog Kita

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon