Sunday 25 January 2015

Jenis Kayu yang Banyak Diburu di Pasaran

Berbicara soal kayu, sobat tentunya bakalan mengingatkan kita dengan perabot rumah yang sering kita gunakan. Yah, memang kayu ini memliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Diantaranya sebagai bahan baku dalam pembuatan lemari, kursi, meja dan perabot lainnya. Namun tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk membuat ini dan itu. Hal ini masih terikat juga dengan kualitas si Kayu ini. Biasanya kayu dengan tekstur yang kuat dan keras, sangat tepat jika digunakan dalam pembuatan lemari.

baca manfaat kayu disini :  Manfaat Kayu Bagi Kehidupan Manusia

Ada banyak jenis kayu didunia ini. Mulai dari kayu dengan kualitas yang bisa dibilang wowww... hingga kayu terbilang biasa. Dalam pasaran sendiri bahan baku kayu sangat diburu oleh para pengrajin maupun para tukang kayu. Karena kayu adalah bahan yang kuat dan cenderung mudah untuk didapatkan, selain itu cukup mudah dalam pengolahannya. Ada banyak jenis kayu yang laku dipasaran karena kualitasnya, namun adapula yang laku karena terbilang murah

Jenis Kayu yang Banyak Diburu di Pasaran

.

Berikut adalah beberapa jenis kayu yang cukup laku di pasaran :

1. Kayu Cendana
          Kayu cendana berasal dari pohon cendana. Cendana kita kenal sendiri adalah pohon yang batangnya dapat dijadikan kayu yang sangat kuat dan berkualitas. Selain itu cendana juga dimanfaatkan oleh orang-orang sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum atau wewangian.
          Berbicara soal kayu cendana, saya rasa ini sudah tidak asing lagi ditelingan kita bahwa kayu ini sangat banyak kegunaannya dan sangat diburu di pasaran. Batang pohon cendana terkenal kuat dan bertekstur sangat padat, sehingga sangat cocok bila diolah menjadi kayu. Selain itu juga menghasilkan aroma yang sangat wangi dan tahan lama. Selain itu dapat diolah menjadi produk lainnya. Kayu dari batang cendana sangat diminati oleh para pengrajin dan pengusaha meubel, karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Kayu ini sangat tepat bila diolah menjadi produk meubel karena sangat tahan dari hama, sehingga menjadikan produk dari bahan baku cendana sangat diburu dan banyak peminatnya.

2. Kayu Mahoni
          Mirip dengan kayu cendana, namun kayu mahoni memiliki tekstur yang lebih keras sehingga menjadikannya mudah retak atau pecah bila terjadi benturan. Namun bicara soal kualitas memang kayu ini tidak kala hebatnya dengan kayu lainnya. Mahoni dengan tekstur yang sangat kuat dan sangat keras sering dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk diolah menjadi kerjinan yang bernilai ekonomis tinggi. Hal ini juga semakin didukung karena kayu ini juga tahan terhadap hama dan tahan lama pula. Beberapa produk kerajinan dari kayu mahoni misalnya adalah sepeda dari kayu, perabot dapur dan juga diolah menjadi produk kusen.

3. Kayu Jati
          Inilah dia jenis kayu yang sangat saya sukai dan sering dijadikan bahan baku pembuatan meubel oleh bapak saya. Yah... kayu jati memang pilihan yang sangat tepat bagi kita yang membutuhkan kayu yang sangat kuat dan mudah untuk didapatkan. Dibanding dengan kayu cendana yang susah didapatkan karena sudah terbilang langka, kayu jati sangat berpeluang dalam komoditas perindustrian kayu. Kayu jati memang sangat menjanjikan karena sangat banyak orang yang minat baik itu dalam bentuk kayu mentah maupun dalam bentuk olehan jadi.
         Kayu jati berasal dari pohon jati. Ketimbang dengan jenis pohon lainnya, pohon jati terbilang sangat mudah dibudidayakan karena sangat cepat pertumbuhannya. Sangat cocok dengan iklim tropis dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Untuk mengenal kayu jati putih sangatlah mudah, yakni warnanya yang sangat putih dan tampak cerah, memiliki tekstur kayu yang sangat kuat, padat, dan keras.

4. Kayu Kelapa
          Bagi pekerja rumah, mungkin kayu ini sudah tidak asing lagi. Kayu kelapa berasal dari pohon kelapa. Pohon kelapa seperti yang kita lihat memiliki batang yang sangat kuat dan mampu berdiri dengan sangat kokoh meski berbentuk sedikit melengkung. Kayu kelapa biasanya digunakan dalam pembuatan rumahmaupun gedung. Kayu ini dipilih karena terbilang sangatkuat dan tahan lama serta tahan akan hama. Kayu kelapa bertekstur sangat rapat, kuat, keras dan sangat kokoh. Kayu kelapa ini memiliki ciri yang cukup khas yakni terdapat seperti urat-urat pada batangnya dan berwarna hitam.

Wahh... lumayan semua kayunya. hehehe... tinggal dipilih sob mana yang disuka. Siapa tahu sobat minat untuk berjualan kayu atau membutujkan kayu dengan berkualitas. Diatas sudah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Cukup sekian mengenai Jenis Kayu yang Banyak Diburu di Pasaran. Semkoga bermanfaat...

Artikel Terkait

5 komentar


EmoticonEmoticon