Saturday 24 January 2015

Manfaat Kayu Bagi Kehidupan Manusia

Kayu... semua orang pasti kenal dengan benda yang satu inikan. Benda dengan tekstur yang sangat padat dan keras.
Kayu ada yang  keras dan ada pula yang agak lunak. So pasti dong. Kayu sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita. Setiap kayu ini memiliki manfaat tersendiri sesuai dengan keunggulan dan kekuatannya. 

Dalam kehidupan manusia sangat erat hubungannya dengan keberadaan kayu. Bahkan hampir disetiap tempat, dimanapun kita berada pasti akan menjumpai yang namanya kayu. Hanya saja mungkin bentuk, tampilan dan fungsinya telah diubah menjadi benda atau hal yang lebih berguna.

Keberadaan kayu yang sering dijumpai menunjukkan betapa pentingnya bahan ini dalam kehidupan. Kayu itu sendiri terdapat beragam macamnya, sehingga pemanfaatan kayu harus berdasarkan jenis dan karakteristiknya. 

Apa saja manfaat kayu dalam kehidupan manusia ?


Seperti kata saya tadi kayu memiliki banyak ragam sehingga pemanfaatannya pun juga berbeda. Meskipun sama-sama kayu namun ada beberapa jenis kayu yang ternyata memiliki keunggulan lebih dibanding kayu lainnya. Seperti Kayu candana.

Dari namanya saja sobat pasti tahu kalau kayu ini bersal dari pohon cendana. Tentunya sobat tau kalau kayu cendana ini sangat terkenal karena berbagai keunggulan yang dimilikinya sehingga sangat banyak digunakan dan sangat banyak peminatnya. Jadi wajar saja kalau kayu cendana ini sangat diburu dipasaran dan cenderung sukar disapat. yah karena kebutuhan yang terus meningkat akan jenis kayu ini, sedangkan pertumbuhannya yang sangat lambat, sehingga produksi untuk kayu ini masih sangat terbatas.

Kayu cendana ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Diantaranya adalah bahan baku dalam pembuatan produk meubel dan kusen serta jepara. Selain itu kayu cendana ini juga diminati karena baunya yang khas sehingga adapula yang memanfaatkan jenis kayu ini sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum. Namun pengolahan kayu ini lebih cenderung dalam pembuatan Meubel dan Jepara.

Dalam dunia pertukangan kayu, jenis kayu cendana adalah kayu yang sudah sangat terkenal dan sudah tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya. Ciri khas kayu ini adalah berwarna coklat kemerahan dengan bau yang sangat khas. Kayu ini memiliki tekstur yang sangat kuat namun lebih ringan. Juga teksturnya yang padat namun tidak menyulitkan dalam proses pengolahannya menjadi produk meubel maupun Jepara. Namun kayu jenis ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya terletak pada bagian pada kayu yang masih nampak berwarna putih. yah bagian kayu yang berwarna putih inilah yang mudah hancur dimakan rayap dan sejenisnya.

Disamping kayu cendana, juga masih ada lagi jenis kayu dengan tekstur yang sangat keras. Yaitu kayu Jati. Jenisnya terbagi menjadi jati super/merah dan jati putih. Keduanya ini memiliki tekstur yang sangat kuat, padat dan keras. Kayu ini sangat cocok diolah menjadi perabotan rumah tangga seperti lemari, meja, kursi dan perabot rumah tangga lainnya (peralatan masak). 

Kayu jati super dan jati putih mempunyai perbedaan yang sangat mencolok, yakni pada warna keduanya. Juga pada proses pengembangan kayu jati putih memakan waktu yang lebih cepat jika dibandingkan jenis jati super. Secara kualitas kayu jati memang tidak kala hebatnya dengan kayu cendana.
Namun ada pula kayu dengan tekstur yang agak lunak. Seperti kayu kemiri. Kayu jenis ini sangat mudah terserang hama, oleh karena itu harus ditangani secara khusus yakni dengan pemberian obat anti rayap.

Kayu jati yang terkenal kuat maupun kayu kemiri yang biasa-biasa saja ternyata sama-sama dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomi. Kayu itu sendiri memiliki harga jual sehingga jika dikelola dengan baik dapat menghasilkan uang. Sehingga bisa menjadi objek pencaharian uang.

Namun selain itu manfaat kayu memang banyak dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam contoh kecil saja kursi dan meja yang selalu kita gunakan banyak berasal dari kayu. Dan selain beberapa contoh kayu tadi, kayu mahoni juga menjadi salah satu kayu yang kian terasa manfaatnya. Mahoni banyak diolah menjadi perabot rumah tangga hingga menjadi bahan pembuat rumah itu sendiri.

Kenapa kayu banyak dimanfaatkan untuk hal demikian ? 
Contohnya kursi kayu, kenapa banyak menggunakan bahan baku kayu ? tentunya karena kesan yang ditimbulkan dari kursi kayu tersebut. Kayu merupakan bahan yang mudah untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai keinginan. Tidak membutuhkan cetakan atau proses pemanasan hingga pembakaran berlebih kayu pun sudah siap untuk diolah menjadi perabot.

Hasil perabot kayu juga sangat memuaskan konsumen sebab kayu jauh lebih kuat, menawan dan lebih natural. Sehingga tak heran kayu ini sangat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.


Nah... bagi sobat yang berniat menggunakan kayu dalam kehidupan sobat, bisa memilih dari jenis yang sudah saya paparkan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon