Tuesday 13 June 2017

Tips Menulis Artikel Blog yang Menarik Bagi Pengunjung

Konten blog merupakan bagian penting dari suatu blog. Kualitas blog selalunya ditentukan oleh konten yang dibahas dalam blog tersebut. Bukan tampilan template yang keren dan cantik yang membuat pembaca betah pada blog, namun isi artikel / konten yang dibahas dalam blog tersebutlah yang akan menjadi tolak ukur bagi pembaca.

Jadi blogger bukan hal yang gampang dilakukan. Belajar membuat blog saja bukan hal yang gampang apalagi cara menggunakan blog. Meskipun bagi beberapa orang jadi blogger itu sangat mudah, karena cukup mengikuti berbagai tutorial blogger, tips seo, dan lain-lain. Namun pada dasarnya sebelum membuat blog kita harus mengetahui ilmu dasar tentang blog. Adapun Ilmu blog bukan hanya cara memunculkan blog pada page one, namun ilmu blog juga terkait tentang cara menulis artikel yang menarik perhatian bagi pengunjung.


Bagaimana cara anda menghadirkan kesan menarik pada artikel blog pastinya akan menjadi daya tarik sendiri bagi pembaca. Jika pandai memaksimalkan kesan pertama bagi pembaca maka tentu saja anda akan mendapatkan kepercayaan. Nah kepercayaan ini sangat penting terutama untuk mengikat pengunjung untuk datang lagi dan lagi pada blog.

Belajar dari beberapa blogger Indonesia yang sukses, pastinya banyak hal yang dapat diserap dan menjadi pengalaman tersendiri bagi blogger pemula. Sayangnya saat ini untuk saling berbagi pengalaman dan tukar pikiran pun menjadi sulit. Tentu saja mana ada blogger sukses yang akan membagikan ilmu atau sekadar berbagi kunci sukses secara gratis ! sekalipun ada maka pastinya tidak akan membeberkan ilmunya secara terang-terangan dan harus berbelit-belit bagi pembaca untuk memahaminya.

Belajar menjadi blogger sukses bukan sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan satu kali loncatan. Namun harus dimulai dari hal-hal yang mendasar seperti Cara menulis artikel yang menarik. Jika anda menganalisa dengan baik, semua blog yang tergolong sukses pastinya memiliki konten yang menarik pembaca. Mengapa ?  karena konten adalah kepribadian suatu blog.

Tips Menulis Artikel Blog yang Menarik Bagi Pengunjung

Mengapa anda harus belajar membuat artikel agar menarik bagi pengunjung ? Fungsi artikel bagi blog memang bagaikan kepribadian yang mana akan dinilai oleh seseorang. Jika blog memiliki kepribadian yang baik maka pastinya akan disenangi pembaca. Lantas bagaimana cara melakukannya ? jika memang anda serius dengan blog, maka mulailah menulis blog secara original. Ini sangat penting dilakukan demi menunjang kehidupan blog dalam jangka panjang.

Nah apa definisi anda mengenai artikel menarik ? apakah harus enak dibaca, ataukah harus panjang. Menurut saya artikel menarik itu adalah artikel yang mencerminkan karakteristik tersendiri bagi blog tersebut.
Oke kita mulai menulis..

Mulai Dari Artikel Original

Tips pertama yang perlu dipahami adalah belajar menulis artikel karya sendiri. Membuar sebuah artikel memang tidak mudah jika belum terbiasa apalagi yang tidak terbiasa menulis, pastinya akan kesulitan. Tapi jika anda ingin fokus mendalami dunia blogging maka mulailah dengan menampilkan ciri khas sendiri dalam blog. Jangan pernah mengisi blog dengan konten copas ! Dampak Menulis Artikel Copas sangat tidak mengenakkan bagi blog. Terutama pandangan pembaca.

Sekadar tips, jangan terpaku pada konten blog lainnya yang membahas artikel menarik. Boleh saja mengikuti suatu blog namun jangan memaksakan kemampuan. Mulailah dengan membahas artikel yang ringan dan sesuai dengan kemampuan dan pemahaman. Kemudian mulai membahas yang lebih berbobot.

Menulis Konten Human Friendly

Apa arti human friendly ? Artikel human friendly maksudnya adalah artikel yang ramah terhadap pembaca. Artikel yang ramah terhadap pembaca pastinya lebih mudah untuk diterima dan diserap ilmunya.

Kepada siapa artikel dibuat ? pastinya artikel dibuat agar kiranya ada orang yang akan membacanya. Artikel tidak dibuat untuk dibaca oleh robot, namun manusialah yang menjadi target dari suatu artikel.

Banyak blogger yang terlalu fokus mempelajari tips seo blog dan menganggap tips seo untuk blogger sebagai tolak ukur menjadi blogger yang sukses. Akibatnya fokus menulis artikel kini teralihkan yang dari awal untuk pembaca namun justru beralih bagi kepentingan seo.

Untuk tampil seo memang sangat penting, belajar seo untuk blogger akan menjadikan pemahaman lebih terbuka terhadap dunia blogging. Seo blogger sangat penting untuk menunjang posisi artikel dalam setiap pencarian. Tapi kepada siapakah sebenarnya artikel anda buat ? apakah untuk robot ?

Saat ini algoritma google telah diperbarui, salah satu pembaruannya adalah analisa terhadap perilaku pembaca saat mengunungi blog. Seberapa lamakah setiap pengujung menelusuri isi blog anda ? durasi ini menjadi bahan acuan tersendiri bagi google untuk menentukan kualitas blog. Buat apa coba menulis artikel yang standar seo namun ternyata isinya hanya berupa tumpukan kata kunci.

Tapi Seo bukan hanya itu, optimasi judul juga sangat penting. Kadangkala kita mendapati artikel dengan judul yang cukup aneh. Menghubungkan judul dengan kata kunci kerap dilakukan dan dijadikan fokus daya tarik. Tapi faktanya kadangkala terlalu berlebihan sehingga terkesan aneh bagi pembaca. Ciri-ciri seperti ini sebenarnya tidak baik bagi citra blog.

Seperti judul ini :
"Tips Cara Membuat Blog yang Baik dan Benar Agar Disenangi oleh Pembaca"
Judul yang demikian merupakan korban dari penerapan seo berlebih yang akhirnya sedikit aneh bagi pembaca.

Tapi sebaliknya jika judul seperti ini :
"Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Blog Anda"
Judul ini terkesan lebih nyaman dibaca. Selain itu konteks kalaimat juga mengandung unsur yang menarik perhatian pembaca untuk mengkliknya.

Pada intinya pengunjung blog datang untuk mencari informasi. Oleh karena itu menyajikan konten berkualitas adalah penting. Jangan hanya mengutamakan seo tapi juga blog harus human friendly. Blog yang ramah pengunjung pastinya akan lebih ramai, dan inipun bisa jadi akan menentukan posisi blog pada serp.

Lengkapi Dengan Teknik Seo Friendly

Langkah selanjutnya yaitu melengkapi artikel dengan teknik SEO blogger. Istilah bagi blog yang ramah terhadap mesin pencari disebut artikel SEO Friendly. Setelah mampu membuat blog menjadi ramah terhadap pengunjung maka selanjutnya adalah memperhatikan faktor seo friendly.

Untuk mempermulus langkah agar blog mudah ditelusuri oleh mesin pencari adalah dengan menerapkan teknik seo. Peran seo memang sangat penting untuk memperkuat posisi blog dimata search engine. Oleh karena itu blog yang ramah terhadap mesin pencari akan mudah ditelusuri oleh robot.txt.

Banyak tips dan tutorial seo yang telah dibahas oleh blog lainnya, namun tidak semuanya bisa diterapkan pada blog. Sehingga kita mesti lebih selektif.

Menulis artikel seo friendly sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Adapun cara menulis artikel agar seo friendly seperti mengutamakan User Experience, Penggunaan Keyword yang benar, Optimasi heading tag, Internal link, dan backlink.

User experince atau pengalaman pembaca menjadi salah satu prioritas yang perlu dikembangkan oleh pelaku seo blogger. Poin ini penting untuk menjadi acuan anda dalam mengoptimalkan penggunaan seo pada blog. Salah satu alasannya adalah karena menyangkut faktor human friendly. Pengalaman membaca didapati oleh pengunjung dan menjadi salah satu tolak ukur, seberapa betahkah pembaca pada blog.

Salah satu alasan kuat pembaca menetap lama pada blog adalah karena isi blog yang memiliki daya tarik tersendiri. Maksud dari User experience ini adalah seperti apakah respon pembaca ketika mampir pada blog, aktivitas apa saja yang dilakukannya ? tentu durasi penayangan ini akan menjadi tolak ukur bagi mesin pencari untuk menentukan kualitas konten menurut pembaca sendiri.

Penggunaan keyword yang benar merupakan poin selanjutnya dalam memantapkan seo pada blog. Namun faktanya penggunaan keyword menjadi sangat fatal, salah satu penyebabnya adalah khawatir keyword density. Yah anda tidak perlu mengkhawatirkan jika nantinya jumlah keyword menjadi tidak nampak. Saat ini algoritma google lebih terupdate dan menjadi cukup pintar untuk menganalisa perilaku booming keyword. Oleh karena itu anda tidak perlu mengkhawatirkan keyword density namun fokuslah pada penggunaan kata yang lebih tepat untuk menghindari pengulangan kata yang terlalu banyak.

Nah selanjutnya adalah dengan mempermudah robot untuk melihat konten dengan penggunaan heading tag. Tentu saja dalam artikel anda memiliki poin penting yang menjadi acuan pembahasan. Nah disitulah tag heading bekerja. Selanjutnya dalah penggunaan internal linking untuk memudahkan penelusuran dan indexing oleh search engine. Dan next adalah menggunakan backlink agar pengunjung lebih gampang menemukan blog anda.

Kesimpulan

Menulis artikel yang menarik itu bagus. Namun caranya juga harus benar, percuma jika artikel blog berkualitas tapi hasil copas. Oleh karena itu belajar menulis artikel dimulai dengan karya sendiri sehingga akan menampilkan ciri khas blog anda.

Selanjutnya adalah mengutamakan pengalaman membaca bagi pengunjung. Caranya adalah dengan mengutakamakn faktor human friendly. Konten harus ramah terhadap pembaca. Dan setelah itu adalah optimasi seo friendly. Seo itu penting bagi blog namun harus mempertimbangkan pengalaman bagi pembaca.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon