Tuesday 28 April 2020

Kayu Jati Putih Sebagai Bahan Baku Yang Tepat Untuk Pembuatan Meubel

Kayu Jati Putih merupakan bahan baku yang tepat untuk diolah menjadi produk meubel. Kayu jati putih sangat banyak diminati karena kualitasnya yang sangat baik dan mudah diolah. Meubel dengan bahan baku kayu jati putih akan sering dijumpai pada toko-toko yang memasarkan produk meubel.

Banyak tukang kayu atau pengrajin kayu lebih memilih untuk menggunakan kayu jati putih dibanding jenis lainnya. Sehingga tak heran pangsa pasar untuk kayu jenis ini sangat menjanjikan.

Kayu jati putih merupakan tanaman produktif penghasil kayu yang berasal dari Asia Tenggara. Jati putih akan tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis.

Alasan Memilih Kayu Jati Putih Sebagai Bahan Baku Meubel

Untuk memilih bahan baku dalam pembuatan terlebih dahulu ketahui karakteristik dari bahan tersebut. Mengapa perlu mengetahui karakteristik jati putih ?

Tentu saja kita tidak ingin memulai suatu hal dengan tanpa adanya pengetahuan dasar. Hal ini berlaku dengan pemilihan kayu yang tepat dalam pembuatan produk meubel.

Bahan baku yang dinilai berkualitas tentu saja akan diminati oleh pembeli. Bagaimana mungkin produk akan laku terjual jika pelanggan tahu jenis perabot yang anda pasarkan akan cepat rusak dikemudian hari.

Lantas apakah tepat memilih jati putih ?

Bahan yang cocok digunakan pada dasarnya ada banyak namun sebagai pengusaha meminimalkan pengeluaran dan memberikan hasil yang besar tentu menjadi prioritas utama, disamping itu menjaga dan menjamin kualitas barang tetap menjadi pertimbangan.

Pembuatan mebel dari Jati Putih

Karakteristik Jati Putih

Mengenai karakteristik kayu jati putih sebenarnya telah banyak dibahas pada postingan sebelumnya. Sebagai kayu yang berkualitas kayu ini memiliki beberapa ciri khas yang menjadikannya banyak peminat.

Bentuk Batang Lurus

Bentuk batang yang cenderung lurus merupakan keunggulan yang melekat pada pohon penghasil jati putih. Umumnya pohon ini pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 30 cm dan diameter batang 30-40 cm.

Bentuk batang yang lurus sebenarnya dapat diperoleh dari proses pemeliharaan pohon yang dilakukan dengan baik. Yakni dengan rutin memangkas dahan sehingga batang akan tumbuh lurus.

Warna Kayu Relatif Putih

Penamaan jati putih mencerminkan warna kayu yang dihasilkan berwarna lebih putih. Warna putih ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat kayu ini. Warna dasar yang demikian akan mudah saat dilakukan pewarnaan karena mudah divariasikan dengan berbagai jenis cat

Tidak Termakan Hama

Hama kayu biasanya berupa rayap dan serangga pemakan kayu. Kayu yang telah dihinggapi hama biasanya menjadi rapuh dan lebih cepat rusak.

Kayu jati secara alami mengandung bahan yang anti terhadap hama sehingga meubel bahan baku jati sangat cocok untuk dijadikan perabot rumah seperti meja, kursi dan lemari.

Jauh Lebih Awet

Berdasarkan pengalaman perabot dari jati putih jauh lebih tahan lama. Kayunya cenderung lebih tahan terhadap pengaruh kondisi lingkungan. Selain itu tektur kayu juga lebih keras.

Keunggulan Kayu Jati Putih

Kayu ini jika ditinjau dari berbagai aspek tentu saja memiliki banyak sekali keunggulan.

Kayu dengan permukaan halus dan berwarna cerah menjadi daya tarik tersendiri bagi kayu ini. 

Selain itu tekstur kayu in memberikan kesan tersendiri jika dikombinasikan dengan car vernis. Warna cat yang digunakan akan lebih baik jika masih memperlihatkan bentuk tekstur alami kayu ini sehingga penampilan produk akan lebih menarik.

Dari segi ketahanan, kayu ini memungkinkan untuk diolah menjadi berbagai macam produk rumah tangga tampa harus mengkhawatirkan kualitas barang akan cepat rusak sebab secara alami kayu ini memiliki tektur yang padat dan kuat.

Berdasarkan aspek diatas menjadikan produk meubel memiliki harga jual yang menjanjikan. Produk meubel berbahan baku jati putih bisa dibandrol dengan harga mulai 750.000 hingga jutaan tergantung dengan jenis meubel.

Jati putih memiliki kandungan minyak alami yang menjadikannya tidak dihinggapi oleh hama apapun. Walaupun tanpa melalui serangkaian proses seperti pengovenan dan pemberian obat.

Hal menarik lainnya adalah kayu ini memiliki warna dasar cenderung lebih putih sehingga walau belum diberi cat sudah kelihatan cukup menarik. Disisi lain pemilihan cat vernis maupun cat dari spritus kerap dilakukan karena warna yang cenderung masih memperlihatkan motif alami dari serat kayu sehingga menambahkan daya tarik.

Bagaimana apakah anda berencana untuk membeli produk berbagahan baku jati putih ? mungkin anda akan tertarik untuk Mengolah Produk dari Bahan Baku Kayu Jati Putih

Mebel Dari Jati Putih
Olahan dari kayu sudah sering kita jumpai dalam kehidupan, bahkan Manfaat kayu bagi kehidupan manusia sudah sangat dirasakan hingga. Perabot yang umum digunakan seperti set meja dan kursi di ruang makan, bingkai foto, tangga, tiang rumah, kusen jendela, semuanya itu banyak menggunakan bahan baku kayu.

Untuk pembuatan meubel, kayu jati putih merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Dalam industri pengolahannya kayu ini kerap dibuat menjadi meubel seperti lemari pakaian, lemari kaca, lemari kompor, meja makan, kursi santai hingga pada rosban tempat tidur.

Bukan hanya itu kebanyakan pelanggan dari pihak perkantoran kadang memilih meja dari bahan kayu jati karena dinilai lebih kokoh dan tahan lama.

Bukan itu saja, saat ini mulai banyak inovasi untuk menciptakan produk yang lebih baik. Seperti tolet atau meja rias. Karena sifatnya yang tahan kayu ini cocok jika dibuat menjadi kursi santai untuk penggunaan di luar ruangan. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon