Wednesday 3 June 2020

Potensi Usaha Di Bidang Industri Mebel Sangat Menjanjikan

Tags
Potensi Usaha Di Bidang Industri Mebel Sangat Menjanjikan


Mebel merupakan salah usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan kayu. Mebel memiliki potensi usaha yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan menjadi usaha. Kebutuhan masyarakat adalah potensi besar dalam mengupayakan usaha mebel. Karena mengisis hampir seluruh bagian kehidupan manusia membuat mabel menjadi sangat rekat dan sulit digantikan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sering melihat kursi, meja, lemari, rosban, rak buku, mimbar, papan tulis dan banyak lagi. Jika kita ingin memetakan dalam bidang apa saja atau dalam hal apa saja kita bisa menemukan masing-masing perabot tersebut ? 

Kursi yang selalu kita gunakan dimanapun seakan tak ada habis manfaatnya dalam kehidupan. Bisa dibayangkan jika dalam kegiatan belajar mengajar disekolah tidak ada kursi untuk diduduki. Mungkin saja pelajar akan selalu mengeluh pegal, keram dan lelah harus mencari posisi belajar yang ideal. Ini contoh manfaat mebel di sekolah. Di kantor, ruang rapat, kantor direktur selalu saja ada meja dan kursi. 

Contoh lain jika kita berkunjung ke sebuah restoran. Mungkin anda sering mendengar meja sekian pesan menu ini.. lagi-lagi kita menjumpai mebel. Dan entah berapa banyak jumlah perabot lain yang digunakan di satu restoran. Dan berapa banyak restoran yang ada dalam sebuah kota, kota kecil dan kota besar, berapa banyak restoran yang membutuhkan mebel di kabupaten A. Ini adalah potensi untuk memasarkan produk mebel, perabot, furnitur.

Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang kaya dengan hasil hutan. Salah satunya yang sangat melimpah adalah potensi penghasilan kayu yang berkualitas. Hal ini banyak dilirik pasar internasional sehingga ekspor ke mancanegara bahan mentah kayu menjadi laris manis. Namun sayangnya sebagian besar alam ini tereksploitasi untuk memenuhi permintaan negara luar. Lantas apakah kita melupakan potensi negara sendiri untuk mengelola kayu-kayu tersebut ? bukan hanya kayu, juga rotan.

Tanpa sadar mebel terus mengisi segmen kehidupan. Kayu yang merupakan bahan mentah memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun bagaimana jika sudah diolah kedalam produk mebel ? bukannya ini memberikan nilai tambah dari kayu tersebut. 

Salah satu produk mebel yang cukup laris adalah mebel Jepara yang terkenal akan ukiran menariknya. Namun ini berasal dari kota Jepara. Tapi apakah hanya akan ada di kota jepara ? 

Jika anda menginginkan Jepara tidak perlu ke sana untuk membelinya. Sebab saat ini mebel Jepara mulai banyak dijual pada toko-toko perabotan. Tak tanggung harganya cukup fantastis. Namun tak semua produk ini berasal dari kota Jepara. Saat ini juga banyak orang yang mulai mengembangkan jepara ini di kota lainnya.

Jika saja kita sadar bahwa produk yang ada disana jika memang menarik bisa saja dihadirkan di suatu daerah lainnya. Tak perlu mengimpor dari daerah tersebut, cukup buat cabang usaha. Tentunya jika anda memiliki kemampuan untuk menciptakan produk ini.

Namun tidak memiliki kemampuan menciptakan bukan berarti tidak bisa membuka usaha. Sewa pekerja bentuk usaha untuk mulai menggeluti mebel. 

Pertumbuhan pembangunan di berbagai daerah seharusnya menjadi peluang bagi pengusaha mebel. Ingat fungsi mebel tidak akan tergantikan, tetap melekat dalam kehidupan masyarakat. Dimana ada dibuka usaha baru pasti membutuhkan perabot, lemari, kursi, meja, ini adalah renanya produk mebel.

Jadi pengusaha mebel sebenarnya tidak perlu ragu dan takut barang tidak laku karena kebutuhan masyarakat yang tiada habisnya. Suatu barang jika digunakan selama beberapa tahu akan rusak, mereka akan membeli baru lemari pakaian yang telah rusak. Produk lama terkadang tidak berimbang dengan kemajuan zaman, mereka akan menganti dengan yang baru. Ilustrasi ini adalah contoh peluang pasar yang mungkin terjadi, namun jarang.

Beberapa pengusaha mebel kerap menerima orderan dalam jumlah banyak diwaktu-waktu tertentu. Misalnya penerimaan siswa baru pada suatu sekolah membutuhkan sepaket keperluan asrama seperti lemari dengan jumlah siswa sekian. Hal ini adalah peluang pasar.

Kursi dan meja sekolah adalah contoh keberadaan mebel dalam kehidupan

Potensi Usaha Di Bidang Industri Mebel Sangat Menjanjikan !! Yah benar..

Pernahkah anda menanyakan berapa harga untuk sebuat lemari hias kaca dengan ukuran demikian ? Harga mebel cukup bervariasi tergantung dengan kerumitan, jumlah bahan yang digunakan dan keindahannya. Untuk mebel dengan desain minimalis mungkin dapat anda temukan dengan harga yang relatif lebih murah. Namun jika menggunakan bahan yang berkualitas dan sentuhan lainnya harganya bisa saja berkali lipat.
Produk mebel jepara yang terkenal rata-rata memiliki harga yang cukup fantastis untuk sebuah produk saja. Harga 1-2 jutaan per kursi bahkan terkesan cukup murah untuk mebel Jepara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon