Wednesday 3 June 2020

Kenali Perbedaan Kayu Jati Yang Tua dan Muda

Kenali Perbedaan Kayu Jati Tua dan Jati Muda ! Harga kayu jati memang mahal. Meski mahal peminatnya tetap banyak. Kayu jati selalu diunggulkan dalam keawetan, tahan terhadap serangan hama, memiliki serat yang menarik, dan lebih kokoh. Sifat unggul kayu Jati semakin terlihat pada pohon jati yang berumur puluhan tahun. Semakin tua umur pohon maka kualitas kayu yang dihasilkan juga semakin bagus pula.

Kualitas kayu dapat dinilai berdasarkan umur pohon asalnya. Perbedaan kayu jati yang berasal dari pohon yang sudah tua  dan yang masih mudah sangat jelas terlihat. Pohon yang telah berumur puluhan tahun cenderung memiliki kualitas kayu yang jauh lebih baik. Hal ini dinilai dari beberapa aspek seperti ketahanan kayu, tingkat kekerasan, hingga ukuran kayu yang dihasilkan.

Secara jelas sebenarnya terdapat perbedaan antara kayu yang diperoleh dari pohon yang berumur puluhan tahun dengan kayu dari pohon yang tergolong masih cukup muda. Pohon yang telah berumur cukup tua umumnya memiliki garis lingkar tahun yang sangat jelas. Dari sini dapat menunjukkan serat kayu dengan jelas. Produk mebel yang menggunakan kayu Jati yang berumur cukup tua biasanya memperlihatkan serat pohon yang menarik.

Batang pohon kayu jati

Perbedaan ini akan tampak jelas pada saat kayu Jati telah diolah menjadi produk mebel dan furniture. Ciri khas produk berbahan kayu dapat terlihat jelas dari serat kayu yang sangat menawan dan berkesan alami. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat produk dari kayu memiliki kelas.

Sayangnya serat alami kayu yang menjadi daya tarik ini kurang nampak dengan jelas pada kayu yang diperoleh dari pohon yang berumur terlalu mudah. Kayu yang berkualitas semestinya dapat diperoleh dari dari pohon yang telah berumur puluhan tahun. Bahkan semakin tua umur pohon kualitas kayu yang dihasilkan pun semakin bagus.

Kayu jati yang diperoleh dari pohon berumur puluhan tahun biasanya akan menempati grade I dan II. Hal ini bisa dilihat dari kualitas kayu yang dihasilkan. Pada kayu Jati memiliki kandungan minyak alami yang membuatnya sangat tahan terhadap serangan hama. Minyak ini dapat akan bertambah banyak jumlahnya didalam kayu seiring dengan semakin tuanya umur pohon. Sebaliknya kandungan ini sangat minim pada kayu yang masih muda.

Hal ini pula yang sangat membedakan kualitas kayu grade I dan II dibanding kelas bawahnya. Namun karena untuk mendapatkan kayu yang demikian membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga kayu jati dengan kualitas I dan II menjadi sangat langka ditemukan. Sebaliknya Kayu Jati yang muda hasil budidaya cukup mudah ditemukan dengan grade IV ke bawah. Kayu yang demikian dapat diperoleh dari pohon yang berumur 10 tahun kebawah.

Mungkin anda pernah melihat meja yang berbentuk seperti batang alami. Ukuran kayu yang demikian hanya dapat diperoleh dari pohon yang telah berumur cukup lama, yakni butuh waktu puluhan tahun bagi pohon jati untuk dapat mencapai diameter yang lebar.

Kayu yang sudah tua dapat ditandai dengan warna kayu yang jauh lebih gelap. Hal ini terlihat dengan jelas pada kayu jati. Jati yang telah berumur puluhan tahun atau sudah cukup tua memiliki warna coklat tua. Dengan warna yang lebih gelap ini membuat jati putih akan tampak semakin menarik, ditambah dengan serat alami kayu yang membuatnya tampak lebih natural.

Terdapat pula perbedaan antar kayu tua dan yang masih muda. Jumlah bagian yang berwarna putih pada kayu tua yang hampir tidak ada sama sekali. Warna dasar kayu jati super (bukan jati putih) adalah coklat kemerahan. Namun seringkali terdapat warna putih yang terletak di tepi kayu / batang. Warna ini menandakan bahwa kayu ini berasal dari pohon yang masih sangat muda. Dari kualitas terdapat perbedaan signifikan dimana bagian kayu yang berwarna ini cenderung cepat rusak dan kurang resistan terhadap serangan hama. Sangat berbeda dengan kemampuan alami yang seharusnya dimiliki oleh kayu jati.

Selain diameter papan juga warna yang lebih gelap, ditambah serat yang lebih jelas terlihat

Jadi perbedaan antara grade jati dapat dilihat pada :
  1. Lebar kayu
  2. garis lingkar tahun
  3. serat kayu
  4. warna kayu
Meskipun dari segi kualitas kayu yang berasal dari pohon yang telah berumur cukup tua jauh lebih baik dibandingkan kayu jati yang berumur beberapa tahun, namun jika keduanya telah mengalami proses transisi menjadi sebuah barang mebel hasilnya tetap sama-sama menawan. Bahkan cenderung bagi orang awam sulit untuk menemukan perbedaan pada produk yang telah jadi dan mendapatkan finishing yang baik.
Demikian Cara Mengenali Perbedaan Kayu Jati Yang Tua dan Muda

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon